Menjalankan Sistem Operasi Windows XP Di U-Buntu Menggunakan Virtual Box

          Hal yang membosankan apabila kita harus ganti-ganti sistem operasi, Ada cara mudah menjalankan “sistem operasi di dalam sistem operasi”.
 (aneh gitu jadinya kalimatnya).
          Misalkan kita menggunakan SO Ubuntu di labtop/PC kita. Tiba-tiba Anda mendapat tugas membuat aplikasi dengan menggunakan software-software dari microsoft. Tentunya mesti pakai Windows lagi nih. Nah..... ada langkah mudah untuk membuka windows dalam SO Ubuntu dengan menggunakan aplikasi Virtual Box.
Ataupun sebaliknya.

          Tanpa panjang lebar lagi nulis, kita langsung aja simak cara meng-install Windows dalam Ubuntu dan cara menjalankannya.

1.   Download dulu aplikasi Virtual Box di http://www.virtualbox.org/wiki/Downloads .
2.   Buka Virtual Box, dan klik icon New (CTRL + N)

3.   Maka muncul jendela Create New Virtual Machine, Klik tombol Next

       4.   Isi nama dari file Virtual Box nanti yang akan digunakan. Kemudian pilih jenis Operating System Version-nya. Kemudian pilih Next

5.    Tentukan Besar memori (RAM) untuk Windows nanti. Disini saya gunakan 192, karena Windows nanti saya gunakan hanya untuk buat tugas aja. & juga berhubung memoriku cuma 2GB. (Oya, perlu diingat, memori kita dibagi loh). Jadi perlu perhitungan juga tuh, jangan asal-asalan isi. Sesuai kebutuhan lah. NEXT lagi Bos.


6.    Selanjutnya akan muncul pilihan untuk penanganan alokasi memori penyimpanan file untuk Windowsnya (Bisa dibilang HardDisk virtual lah.... hehe....). Saya memilih Fixed-size storage (memberi patokan untuk besar kapasitasnya). Dynamically expanding storage (besar kapasitasnya mengikuti besar ukuran-ukuran file yang nantinya ada dalam Windows Virtual, jadi akan memakan semua hardisk yang kosong jika file-file di windows besar. Dengan kata lain, kapasitasnya berubah-ubah mengikuti besar file di dalam Windows Virtual). Next lagi.

7.   Berhubung saya memilih  Fixed-size storage, jadi perlu menentukan besar HarDisk Virtual-nya. Kalau udah Next lagi, kemudian Finish

                            

8.   Setelah Finish, maka akan muncul file Virtual Box baru seperti gambar dibawah ini. Pilih File yang tadi dibuat, kemudian klik icon Start



9.    Pada saat dijalankan, kita akan melakukan proses instalasi.
Pilih Devices → CD/DVD Drivers → (pilih driver untuk pembacaan Windows XP). Jika ingin membaca menggunakan CD, pilih nama driver CD/DVD Rom Anda.
Namun bisa juga menggunakan file *.iso . Saran saya, gunakanlah file iso (Installer  Windows XP yang telah diubah dalam bentuk ISO. Karena lebih praktis jika sewaktu-waktu ingin menggunakan windows dalam ubuntu.

Cara menggunakan iso, pilih Devices → CD/DVD Drivers →More CD/DVD Images, maka akan muncul jendela Virtual Media Manager, pilih Add, kemudian cari letak file ISO-nya. Lalu pilih Select

10. Lakukan instalasi Windows seperti biasa.

                            

                            

                            



* Untuk Ubuntu yang digunakan dalam Windows XP, langkahnya serupa.
Tapi cara install OS saja yang berbeda-beda.

SELAMAT MENCOBA

3 komentar

eman seh...
dgn Vistual Box
hal yg membosankan jd enjoy

met b'aktifitas dan tetap semangat kawan

@ Ambae.exe : OK Bos......

saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
terimakasih ya infonya :)


EmoticonEmoticon